About Me

Kami dari Kelompok 1(Nagh Fyuzteq) Jumianty, Hasdaniati,, dan Eva Aryanti Musdalifah.... Alhamdulillah Telah Menyelesaikan Tugas Dari Kak Romil, Dan Mudah-mudahan Kami Dapat Nilai Plus, Plus,Plus yah...!!!! Sekian Dari Kami, WASSALAM..!!!!

Donation

Bottom Column

About Free Tips

banner5656

Free Tips has many free blogger templates just for you. The collection has more than 20 templates and will be added regularly. You can choose template that suits your need and your taste. Feel free to download. You can go through this link to see the collection here.

Kamis, 08 April 2010

Pagelaran Seni Budaya Nusantara

Jumat(14/08), diadakan Pagelaran Seni Budaya Nusantara sebagai salah satu rangkaian acara menyambut HUR RI ke-64. Acara tersebut berlangsung mulai pukul 0800 hingga 1030 malam dilapangan Camp Site. Pagelaran ini bertujuan agar masyarakat bisa mengetahui bahwa ternyata budaya yang ada di Kecamatan Nuha sangat beragam. Baik dari budaya asal Sorowako, Tana Toraja, Bali, Makassar, dan sebagainya

Acara dibuka dengan sangat apik oleh penampilan alat musik gamelan dari Bali. Seni musik ini disebut Tabuh Bali/ Lelambatan, yang biasanya dimainkan pada kondisi seseorang yang sedang merenungi hidup setelah melakukan aktivitas yang melelahkan, dengan harapan akan dapat meraih sesuatu yang lebih baik lagi. Para penampil berjumlah 16 orang dengan beragam bentuk alat musik serta pakaian khas Bali. Para peserta juga menampilkan seni musik “Bale Nganjur” dengan komposisi nada yang memukau

Tari Pagellu, tari khas Tana Toraja pun ditampilkan. Seni ini merupakan tari suka cita untuk menyambut tamu. Dulu, tarian ini sering dipentaskan di acara Pesta Panen sebagai rasa syukur atas hasil panen. Tarian ditampilkan oleh 3 siswa SD YPS Singkole serta 2 pengiring yang menggunakan gendang sebagai alat musik. Para penari mengikuti tabuh gendang sambil sesekali membentuk variasi gerakan. Salah satu diantaranya naik ke atas gendang dan terus menari. Sebagai respon suka cita, para penonton melakukan Ma’toding, menyelipkan uang dibagian baju penari atau sanggul. Meskipun salah satu penari berasal dari Bali, namun ia mampu memperlihatkan penampilan terbaiknya menari Tarian dari tana Toraja.

Sanggar Measa Aroa juga mempersembahkan Tari Marannu Nyawa. Tarian ini melibatkan 4 orang penari dengan menggunakan pakaian adat Sulawesi Selatan. Tari ini merupakan tari kreasi yang diciptakan oleh Sanggar Measa Aroa yang melambangkan kegembiraan dalam menyambut tamu.

Tak ketinggalan, alat musik bambu khas sorowako, Monsado. Monsado biasa juga ditampilkan ketika ada acara untuk penjemputan tamu, sebagai hiburan rakyat, dan dulunya ditampilkan juga di acara-acara resepsi pernikahan. Mahardias, Dirigen Monsado menjelaskan bahwa dalam seni ini setiap alat akan mewakili suatu nada bergantung dengan besar kecilnya alat musik. Ada yang mewakili nada dasar do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Ada yang mewakili bass dengan alat musik bambu seperti suling sebagai pengantar melodi dan dibantu dengan gendang. Syarat utamanya tentu saja harus menghafal not/nada terlebih dahulu. Diakuinya pula, karena masih sulit mengajarkan pada generasi muda, membuat lambatnya regenerasi pecinta alat musik bambu.

Tak kalah menarik pula, suguhan para penampil lanjut usia. Mereka menamakan dirinya “Gitar Tua”, sebab alat musik yang mereka mainkan dominan gitar, baik yang berukuran kecil maupun standar. Mereka menyanyikan 3 buah lagu yang sebagian besar menggunakan bahasa asli Sorowako.

Di penghujung acara, ditutup dengan penampilan solo-is Abdul Hakim dan Darius. Masing-masing menyanyikan lagu dari Makassar berjudul “ Bunga- Bunga Na Masamba”. Konon lagu ini bercerita tentang seorang pria Makassar yang mengunjungi kota Masamba yang begitu indah dengan warna-warni bunganya. Tapi yang paling memikat hatinya adalah gadis-gadis Masamba yag tak kalah cantiknya dengan bunga-bunga tersebut. Adapula lagu “Ambon Manise”, kisah kerinduan seorang putra Maluku yang rindu kampung halaman terutama ibunya. Tak ketinggala para penonton termasuk Ibu Camat Nuha, Andi Rosaeri, SH, menikmati lagu sambil joget poco poco di sisi kiri panggung. (ird/nov)









0 komentar:

Posting Komentar

banner125125 banner125125 banner125125 ads_box ads_box ads_box
 

Bottom 1

Bottom 2

Followers

Bottom 3